IMPLEMENTASI MODEL INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN

Kategori: Pendidikan,Sosial | Dilihat: 277 Kali
Harga: Rp 85.000
Tambah ke Wishlist

Pemesanan Juga dapat melalui :

Kode Produk: PTMG 325

Stok: Stok Tersedia

Berat: -

Sejak: 02-03-2023

Detail Produk

TAHTA MEDIA GROUP

JUDUL : IMPLEMENTASI MODEL INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN

PENULIS : Dr. Andi Ramli Rasjid, S.Sos., M.Pd., Ir. Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd., IPM., Dr. Ir. Ramlan Mahmud, S.Pd., M.Pd., IPM.

ISBN : (ON PROSES)

SINOPSIS :

Model interaksi sosial pada hakekatnya bertolak dari pemikiran pentingnya hubungan pribadi (interpersonal relationship) dan hubungan sosial atau hubungan individu dengan lingkungan sosialnya. Dalam konteks ini proses belajara pada hakekatnya adalah mengadakan hubungan sosial dalam pengertian peserta didik berinteraksi dengan peserta didik lain dan berinteraksi dengan kelompok-nya . langka yang ditempuh guru dalam model ini adalah: (1) guru mengemu-kakan masalah dalam bentuk situasi sosial kepada para peserta didik, (2) peserta didik dengn bimbingan guru menelusuri berbagai macam masalah yang terdapat dalam situasi tersebut, (3) peserta didik diberi tughas atau permasala-han untu dipecahkan, dianalisis, dikerjakan yang berkenaan dengan situasi tersebut,(4) dalam memecahkan masalah belajar tersebut peserta didik diminta untuk mendiskusikannya, (5) peserta didik membuat kesimpulan dari hasil diskusinya, dan (6) membahas kembali hasil-hasil kegiatannya.
Model ini dapat dicontohkan antara lain adalah menggunakan motode sosiodrama atau bermain peran (role playing) keterlibatan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar cukup tinggi terutama dalam bentuk partisipasi dalam kelompoknya, partisipasi ini menggabarkan adanya interaksi sosial did antara sesama peserta didik dalam kelompok tersebut. Oleh karena itu model ini boleh dikatakan berorientasi pada peserta didik dengan mengembangkan sikap demoktratis, artinya sesama mereka mampu saling menghargai, meskipun mereka memiliki perbedaan.

Produk Terkait