PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Kategori: Sosial | Dilihat: 66 Kali
Harga: Rp 45.000
Tambah ke Wishlist

Pemesanan Juga dapat melalui :

Kode Produk: PTMG 855

Stok: Stok Tersedia

Berat: -

Sejak: 24-06-2024

Detail Produk

JUDUL : PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENULIS : Brain Fransisco Supit, S.E., M.A.P

HALAMAN : vii,76

SINOPSIS:

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan di wilayah perkotaan. Program ini menekankan kepada proses pemberdayaan masyarakat agar masyarakat bisa secara mandiri menanggulangi kemiskinan di wilayahnya, tidak lagi hanya bergantung kepada bantuan pihak luar. Program ini tidak semata-mata memberikan bantuan dana, akan tetapi lebih menekankan kepada peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat, termasuk masyarakat miskin untuk memahami persoalan yang dihadapi, memecahkan masalah bersama-sama, membuat perencanaan program, melaksanakan dan melakukan monitoring dan evaluasi. 

Program yang dilakukan oleh PNPM Mandiri Perkotaan dalam penanggulangan kemiskinan mengadopsi program penanggulangan kemiskinan yang sebelumnya telah dilaksanakan yaitu P2KP atau Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan yang sudah ada sejak tahun 1999. Pada tahun 2007 P2KP diadopsi untuk menjadi bagian dari PNPM Mandiri Perkotaan dan mulai dijalankan tahun 2008. 

Selanjutnya, PNPM Mandiri Perkotaan adalah program yang tidak hanya mengupayakan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan, pengembangan sosial dan peningkatan ekonomi produktif, tetapi juga mengupayakan terbangunnya suatu forum masyarakat lokal sebagai lembaga komunitas yang disebut Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) yang mampu berperan aktif dalam menumbuhkan kesadaran kritis dan pengorganisasian masyarakat serta partisipatif sehingga tercipta masyarakat yang mandiri, berdaya dan mampu merencanakan dan memecahkan persoalan dalam lingkungannya bersama dengan pemerintah setempat. Dalam pelaksanaan program ini terdapat 3 peran penting yakni Pemerintah, Masyarakat, dan Fasilitator sebagai tenaga profesional.

Produk Terkait