PENGEMBANGAN MATERI DAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR

Kategori: Sains | Dilihat: 169 Kali
Harga: Rp 45.000
Tambah ke Wishlist

Pemesanan Juga dapat melalui :

Kode Produk: PTMG 592

Stok: Stok Tersedia

Berat: -

Sejak: 02-11-2023

Detail Produk

JUDUL: PENGEMBANGAN MATERI DAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR

PENULIS: PROF. DR. TREESJE K. LONDA, M.Si

SINOPSIS:

Assesmen adalah semua rangkaian prosedur pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan informasi hasil belajar siswa untuk menilai hasil belajar dan perkembangan belajar siswa. Tujuan assesmen adalah a) mendiagnosa kelebihan dan kelemahan siswa dalam belajar, b) memonitor kemajuan siswa, c) menentukan jenjang kemampuan siswa, d) menentukan efektivitas pembelajaran, e) mempengaruhi persepsi publik tentang efektivitas pembelajaran, f) mengevaluasi kinerja guru kelas. Prinsip assesmen adalah a) proses yang transparan, b) memiliki validitas, c) sahih, d) adil, e) terbuka, f) terpadu, g) menyeluruh dan berkesinambungan, h) bermakna. Fungsi assesmen adalah a) sebagai alat untuk merencanakan, pedoman, dan memperkaya pembelajaran IPA di kelas, b) sebagai alat komunikasi dengan murid-murid, administrator dan orang tua murid tentang pentingnya IPA, c) sebagai alat untuk memonitor hasil belajar IPA dan perbaikan pembelajaran, d) sebagai alat untuk memperbaiki kurikulum dan pengajaran IPA.

Ada tiga jenis assesmen berdasarkan tujuan, yaitu assesmen diagnostik, assesmen formatif, dan assesmen sumatif. Peranan assesmen diagnostic adalah membantu guru mengidentifkasi minat kelebihan dan kelemahan siswa dalam bidang studi IPA, membantu guru untuk melihat apakah seorang siswa memerlukan bantuan dalam belajar atau tidak, untuk meningkatkan minat dan motivasi anak untuk belajar. Assesmen formatif dapat dilaksanakan bila murid-murid kehilangan arah dalam menyelesaikan tugas. Peranan assesmen sumatif adalah untuk menjaring data seberapa banyak dari bahan pelajaran yang dapat dipahami oleh murid-murid, sebelum beralih ke pokok bahasan berikutnya.

Assesmen dalam ranah kognitif dapat dilakukan melalui enam cara, yaitu a) mempergunakan tes tertulis atau tes pensil dan kertas, b) mempergunakan observasi guru atas kinerja murid, c) mempergunakan tes gambar-gambar yang dibubuhi sedikit tulisan atau kata-kata, d) mempergunakan jurnal murid-murid, e) mempergunakan peta konsep, d) portofolio. Assesmen dalam keterampilan proses dalam pembelajaran IPA terdiri dari a) kemampuan observasi, b) keterampilan klasifikasi, c) keterampilan memprediksi, d) keterampilan inferensi, e) keterampilan komunikasi.

Produk Terkait